Wisata Ke Benteng Pendem Cilacap

Wisata Ke Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap

PINTU MAUSK BENTENG PENDEM

 

Indonesia memiliki banyak jejak sejarah yang kemudian menjadi destinasi wisata yang menarik dan bisa dijadikan alternatif jika bosan dengan wisata yang itu-itu saja. Dimulai dari candi, museum, sampai beberapa benteng bersejarah tinggi yang tentunya seru untuk disambangi. Bagi Anda yang butuh rekomendasi mungkin bisa melirik sejenak daya tarik yang dimiliki Benteng Pendem Cilacap.
Mengenal Benteng Pendem di Cilacap

benteng pendem

DENAH LOKASI BENTENG PENDEM

 

Benteng bernama Benteng Pendem ini terletak di Cilacap, Jawa Tengah yang dikenal sebagai bukti perjuangan masyarakat Cilacap melawan penjajah. Benteng ini diketahui dari berbagai bukti peninggalan sejarah mulai didirikan pada abad ke-18 atau tepatnya di tahun 1816. Yakni bertepatan dengan masa pendudukan Hindia Belanda di tanah air.

Adapun nama asli dari benteng peninggalan Belanda ini adalah Kustbatterij Op De Landtong Te Cilacap. Arti dari nama tersebut adalah benteng yang berdiri di atas tanah dan bentuknya menjorok ke laut, sehingga sekilas tampak seperti lidah. Siapa sangka desainnya yang cukup unik ini membuatnya menjadi wisata bersejarah yang banyak diminati.

 

benten pendem

SUMUR KUNO

 

Kantor Pemerntah Hindia Belanda

Dulunya pembangunan Benteng Pendem Cilacap ini bertujuan untuk dijadikan lokasi Kantor Pemerintahan Hindia Belanda. Fungsi lain dari benteng ini adalah sebagai markas Kolonial Hindia Belanda yang berdiri di lahan seluas 6.5 hektar. Menurut catatan sejarah benteng ini pembangunannya memakan waktu sekitar 18 tahun dan mulai aktif digunakan pada 1879.

Sedangkan nama yang berasal dari masyarakat setempat, yakni ada kata “pendem” berasal dari desain bentengnya yang masuk ke dalam tanah. Yakni kata pendem itu sendiri berarti terkubur di dalam tanah dalam bahasa Jawa. Sebelum dipugar dan dibuka untuk wisatawan, dulunya benteng ini tidak terurus dan sebagian besar terkubur oleh pasir karena memang letaknya berdekatan dengan Teluk Penyu.

 

kolam benteng pendem

KOLAM BENTENG PENDEM

 

Dimulai pada tahun 1986 pengelolaan benteng ini diambil alih oleh pemerintah Cilacap, yang kemudian dilakukan penggalian dan pembersihan sekaligus perbaikan di seluruh titik. Hingga saat ini dikabarkan masih banyak bagian benteng yang belum tergali, sebab masih terkubur cukup dalam di dalam tanah.
Daya Tarik yang Dimiliki

Banyak orang yang akan bertanya, apa sebenarnya daya tarik dari Benteng Pendem Cilacap sehingga cukup menarik untuk dikunjungi? Sebagai salah satu benteng bersejarah perlu diakui Benteng Pendem punya segudang daya tarik dan ciri khas. Benteng ini memang memiliki aura mistis yang kental, karena sebagian besar bangunannya berwarna gelap alami.

 

benteng pendem cilacap

RUANG PENJARA

 

Konon di dekat benteng juga menjadi lokasi pemakaman para pejuang kemerdekaan yang gugur selama perjuangan tersebut. Selain itu terdapat sejumlah area yang memang tampak sedikit mistis, seperti pintu yang tergembok dan tidak ada orang yang bisa melewatinya. Selain tergembok juga karena lorong di depannya terendam air laut.

Hanya saja daya tarik disini tidak hanya kesan mistisnya, namun juga keindahan bangunannya yang khas. Selain berupa gerbang sebagaimana bentuk benteng pertahanan pada umumnya. Terdapat pula area danau yang oleh pengelola disediakan fasilitas perahu bebek yang bisa disewa untuk menyeberang ke sisi lainnya.

Area danau ini juga menjadi area terbaik karena setiap hari Minggu banyak anak-anak berkumpul disini untuk mengambil koin yang dilempar pengunjung ke tengah danau. Perjuangan dan gelak tawa anak-anak yang berusaha mengambil koin-koin yang dilempar menyajikan suasana yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Selain itu di Benteng Pendem Cilacap juga terdapat sejumlah titik yang sangat cocok dijadikan latar berfoto. Baik itu di sisi bangunan benteng secara keseluruhan, sampai sisi di dekat danau dan pintu masuk. Jika mampir kesini, pastikan mengambil foto sebanyak mungkin di semua titik terbaiknya.

Spot atau titik yang banyak diminati pengunjung untuk berfoto adalah di area dekat pantai dan di sekitaran danau. Namun bukan berarti titik lainnya kurang menarik dan kurang cocok untuk dijadikan lokasi berfoto. Asalkan pengambilan angle nya bagus maka dijamin akan terlihat berfoto di tempat wisata bersejarah yang indah dan mempesona.
Alamat, Rute Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Apabila ingin mengunjungi Benteng Pendem maka bisa datang ke kota Cilacap, adapun alamatnya secara lengkap ada di Jl. Benteng, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah. Sedangkan untuk rute perjalanan menuju ke tempat wisata bersejarah ini bisa dilakukan dengan dua rute, pertama menggunakan kendaraan pribadi dan kedua kendaraan umum.

Bagi Anda yang berkunjung dengan kendaraan pribadi maka tinggal teliti membaca petunjuk jalan di sepanjang perjalanan. Tidak sulit untuk menemukannya karena Benteng Pendem sendiri merupakan ikon kota Cilacap. Sehingga nyaris di semua jalan di kota ini sudah disediakan petunjuk jalan menuju ke alamat Benteng Pendem tersebut.

Stasiun Cilacap.

Sebaliknya, jika ingin mengunjungi Benteng Pendem Cilacap dengan transportasi umum maka bisa memakai kereta api. Setelah turun di Stasiun Cilacap bisa langsung berpindah ke angkutan umum yang jurusannya ke Benteng Pendem. Sehingga tidak perlu repot sebab dari depan stasiun Anda sudah bisa naik angkutan untuk langsung turun di depan gerbang Benteng Pendem.

Opsional lain adalah naik ojek maupun taksi online, sebab kota Cilacap sudah mendukung transportasi berbasis aplikasi online tersebut. Sehingga dijamin nyaman dan sampai tujuan tanpa resiko tersesat. Biaya transportasi online pun terjangkau karena lokasi benteng tidak terlalu jauh dengan stasiun.

Bagaimana dengan harga tiket masuk? Sebagai obyek wisata yang dibuka untuk umum dan dikelola oleh pemerintah setempat. Benteng Pendem punya tiket masuk ramah di kantong yakni hanya Rp 8.000 saja per orang. Jam bukanya sendiri dimulai pada jam 8 pagi dan tutup jam 6 sore.

Jika berkunjung di hari libur seperti tanggal merah dan hari minggu maka biasanya lebih ramai dibanding hari biasa. Namun untuk harga tiket diketahui tidak ada perbedaan dengan harga tiket di hari kerja. Sehingga tetap hemat dan bisa puas seharian menikmati semua titik indah dan mengagumkan di tempat wisata satu ini. Apalagi ditunjang dengan jam operasional yang panjang lebih dari 8 jam setiap harinya.

Opsional tempat wisata lain yang juga bisa dikunjungi saat mampir ke Benteng Pendem Cilacap ada banyak. Salah satunya yang sangat berdekatan adalah Teluk Penyu yang juga termasuk tempat wisata populer di Cilacap. Namun jika seharian di Benteng Pendem terasa kurang, maka bisa menghabiskan waktu seharian disini tanpa perlu mampir ke tempat wisata lainnya.

Apabila berencana untuk mengunjungi Benteng Pendem, maka bisa menyiapkan segala kebutuhan dari jauh-jauh hari. Namun pastikan memilih benteng di kota Cilacap, sebab di Jawa Tengah juga terdapat beberapa kota yang punya nama benteng yang sama. Sebut saja seperti di kota Semarang, Ambarawa, dan juga kota Ngawi. Jadi pastikan sejak awal sudah merencanakan kunjungan ke Benteng Pendem Cilacap dan bukannya Benteng Pendem di kota lain.

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply