Tempat Wisata Di Bukittinggi Sangat Mempesona

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sangat Mempesona

Bukittinggi adalah gambaran kota di Sumatera Barat yang memiliki pesona serta panaroma yang menakjubkan. Letaknya yang tersembunyi tambah menggelitik rasa penasaran siapapun juga yang ingin mendatangi tempat ini.

 

Tempat wisata di Bukittinggi mungkin tidak terlampau menggema seperti tempat wisata di tempat lain di Pulau Sumatera, namun suasana di masing-masing tempat wisata tersebut sangat menarik. Meski masih terbilang sangat asli alamnya, namun Bukittinggi tetap tampak keren untuk menjadi spot foto.

Ngarai Sianok

 

Asrinya Bukittinggi.

Bukittinggi yang terletak di Sumatera Barat, dikenal karena beberapa tempat wisata yang indah dan menarik yang berada di kota Jam Gadang ini. Sebagai bangsa Indonesia, patut bagi Anda untuk mendatangi Bukittinggi dan menjadikannya sebagai tujuan wisata sebagai pancaran rasa cinta tanah air dan juga karena Bukittinggi memang layak dikunjungi.

Beberapa tempat di Bukittinggi sangat direkomendsikan bagi parawisatawan baik lokal maupun dari luar negeri. Kota Kabupaten ini menyimpan beberapa titik istimewa untuk dikunjungi dan tidak kalah menarik seperti Kota Padang, Kota Lhoksemawe ataupun Kota Lampung serta kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa.

 

12 Top Wisata Bukittinggi.

Bila Anda ingin berlibur dengan suasana pedesaan yang asri namun tidak terlalu sepi, maka Bukittinggilah tempatnya. Berikut terdapat beberapa tempat wisata Bukittinggi yang paling direkomendasikan. Kelima tempat wisata tersebut masih bisa berkembang dengan lebih baik dan menarik.

 

Tempat Wisata di Bukittinggi yang patut dikunjungi dan paling direkomendasikan bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara adalah:

 

  1. Jam Gadang Bukittinggi

Lokasi: Jam Gadang Bukittinggi berada di Kota Kabupaten Bukittinggi, Sumatera Barat. Berdiri megah melekat pada sebuah menara yang berada di sebuah simpang jalan, hingga tampil menarik dan dapat dilihat dari arah manapun. Gadang artinya besar, hingga cocok dengan bentuk jam tersebut yang merupakan jam besar yang dapat dilihat dari sisi manapun.

 

  1. Lobang Jepang Bukittinggi

Lokasi: Lobang Jepang Bukittinggi tepatnya berada di Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lobang Jepang ini sebenarnya adalah tempat persembunyian para pejuang revolusi untuk menghin dari para penjajah di tengah peperangan yang sedang berlangsung.

 

  1. Bukit Ngarai Takuruang

Lokasi: Bukit Ngarai Takuruang Terletak di bebukitan tepat di atas Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasi bukit ini seolah terkurung pegunungan dan ngarai di bawahnya karena itu disebut dengan takaruang yang artinya terkurung. Apabila Anda senang berselfie-ria maka tempat ini sangat instagramable untuk diambil foto-foto nan cantik.

 

  1. Lembah Ngarai Sianok

Lokasi: Lembah Ngarai Sianok terletak di Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah Ngarai Sianok sudah sangat terkenal hingga keluarnegeri, dan sering dijadikan foto-foto penghias artikel di majalah-majalah National Geography. Sebagai foto spot, lembah ini sangat menarik dan sangat sensasional sebagai cover ataupun latar belakang fotoselfie Anda.

 

  1. Janjang Saribu Bukittinggi

Lokasi: Lokasi Janjang Saribu  Bukittinggi berada di Bukit Apit Puhun, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Tempat wisata di Bukittinggi berupa janjang ini merupakan tangga yang memiliki anak tangga sekitar seribu buah yang merupakan jalan setapak menuju Bukit Apit Puhun. Jumlahnya yang seribu ini yang menjadikannya menarik dan legendaries karena banyak pelancong yang sengaja berusaha membuktikan bila jumlah anak tangganya memang benar-benar seribu buah banyaknya.

 

  1. Museum Rumah Adat Baanjuang

Lokasi: Museum rumah adat baanjuang berada di Jl. Cindur Mato, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Di dalam museum ini Anda bisa melihat berbagai macam peralatan masak asli

khas orang Minang, yang digunakan dari nenek moyang hingga saat ini. Museum ini     menunjukkan bentuk rumah adat orang Minang yang memiliki bentuk panjang di mana menunjukkan bahwa rumah tersebut menjadi tempat tinggal seluruh anggota keluarga satu keluarga Minang secara lengkap.

 

  1. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Lokasi: Museum RumahKelahiran Bung Hatta berada di alamat Jl. Soekarno Hatta No.37, CampagoIpuh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Beberapa tahun silam, Bung Hatta sebagai proklamator lahir di kota Bukittinggi tepatnya di sebuah rumah di jalan Soekarno Hatta sebagai putra asli Bukittinggi, yang kemudian rumah tersebut akhirnya dijadikan sebuah museum dan dipelihara sebagai asset pemerintah daerah.

 

  1. Balaikota Bukittinggi

Lokasi: Balaikota Bukittinggi berada di Jalan Kesuma Bhakti No. 1, Bukit Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Meskipun secara fungsional bangunan ini merupakan Balaikota, namun secara visual sungguh sangat memukau dari bentuk arsitektur bangunannya, yang mengusung ciri-ciri rumah adat suku Minangkabau yaitu tanduk kerbaunya. Sehingga Balaikota Bukittinggi merupakan tempat yang sering diburu oleh para pelancong penduduk lokal maupun yang datang dari luar kota sebagai spot foto-foto menarik.

 

  1. Taman Monumen Bung Hatta

Lokasi: Taman Monumen Bung Hatta berlokasi di Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Tempat wisata di Bukittinggi yang mengusung bidang edukasi adalah Taman Monumen Bung Hatta ini. Karena lokasi ini menunjukkan jejak sejarah dari salah seorang proklamator Negara Indonesia, yakni Bung Hatta.

 

  1. Taman Panorama Bukittinggi

Lokasi: Taman Panorama berada di Jl. Panorama, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Taman ini memiliki view yang superpanorama, berupa pemandangan asli dan asri alam Bukittinggi beserta bunga-bungaan yang indah dan sangat cantik untuk diabadikan.

 

  1. Rumah Gadang Taman Kinantan Zoo

Lokasi: Rumah Gadang Taman Kinantan Zoo terletak di jalan Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Meski disebut dengan Rumah Gadang, namun tempat wisata di Bukittinggi ini sebenarnya adalah sebuah kebun binatang tepatnya kebun binatang mini, karena terbatasnya koleksi bintang yang terdapat di sana.

Keunikan dari Taman Kinantan Zoo ini adalah perpaduan antara rumah adat Minang yakni Rumah Gadang dengan kebun binatang mini di tempat ini. Mengingat masih sedikitnya kebun binatang yang ada di Pulau Sumatera, selain dari Sekolah Gajah di Lampung, hingga membuat peluang dikunjungi oleh wisatawan lebih besar.

 

  1. Taman Margasatwa/Kebun Binatang Bukittinggi

Lokasi: Taman Margasatwa atau Kebun Binaang Bukittinggi ini berada di Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Satu lokasi dengan Rumah Gadang dan Taman Kinantan Zoo.

 

Nah itulah beberapa tempat wisata di Bukittinggi yang cukup menarik serta direkomendasikan untuk menjadi destinasi menarik pada saat Anda berlibur khususnya di Bukittinggi. Sebagai bekal untuk berkunjung kebeberapa tempat wisata tersebut adalah, agar tidak mengotori Kota Bukittinggi ini terutama di tempat-tempat wisatanya dari sampah makanan dan minuman Anda. Hal ini sebagai penghargaan atas kearifan lokal masyarakat di Bukittinggi ini.

 

 

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply