Tadabbur Ke Hutan Mangrove Cilacap

Tadabbur Ke Hutan Mangrove Cilacap
Hutan Mongrove

Hutan Mangrove Cilacap

 

Cilacap diketahui sebagai kota dengan wilayah terluas di Jawa Tengah dan menjadi tempat berdiam banyak tempat wisata menarik. Dimulai dari Teluk Penyu, Benteng Pendem, Gunung Srandil, sampai Hutan Mangrove Cilacap yang semakin kesini tampak semakin mempesona. Hutan payau ini sendiri diketahui terus berbenah, dan tidak tertutup kemungkinan akan menjadi obyek wisata favorit di Cilacap.
Menjelajahi Pesona Hutan Mangrove Cilacap

Wisata hutan mangrove ini sejak 2015 dikelola oleh Perum Perhutani KPH Barat dan Dinas Perkebunan Kabupaten Cilacap. Kondisi hutan mangrove ini memang sempat mengenaskan di tahun 2012 yang kemudian mulai dibenahi sedikit demi sedikit. Perubahan signifikan terlihat ketika untuk pertama kali dibuka kepada publik, tepatnya pada Desember 2015.

Hutan Mangrove

MASJID

 

Luas dari Hutan Mangrove Cilacap adalah 10 hektar, dan menjadi hutan pelindung untuk ekosistem di kawasan laguna Segara Anakan. Tingkat kerapatan pohon mangrove di kawasan ini terbilang cukup tinggi, sehingga tidak perlu heran jika tampak oleh mata pepohonannya tumbuh saling berhimpitan.

Oleh pengelola juga sudah disediakan walking track yang membuat pengunjung merasa nyaman menjelajahi seluruh wilayah hutan mangrove ini. Menariknya saat menyusuri jalur yang sudah disediakan maka akan melihat langsung area persawahan yang luas dan dikelola oleh masyarakat sekitar.

Sehingga saat berkunjung dijamin merasa berkunjung ke satu tempat wisata namun melihat dua tempat wisata berbeda. Kerapatan pohon mangrovenya yang tinggi menciptakan suasana yang teduh dan rindang. Sehingga akan merasakan kesejukan maksimal saat memasuki kawasannya sekalipun matahari bersinar terik.

hutan mangrove

HUTAN MANGROVE

 

Selain rapat, jenis pohon mangrove disini juga dikenal banyak dan konon mencapai 15.000 jenis. Adapun jenis mangrove yang diketahui tumbuh subur disini dimulai dari bakau bandul, bakau kacangan, bakau tancang, sampai bakau api-api. Selain itu masih terdapat jenis lainnya yang tidak akan cukup diulas ke dalam satu artikel saja.

Kawasan Hutan Mangrove Cilacap juga diketahui menjadi habitat bagi sejumlah biota laut. Sebut saja seperti ikan uca, ikan tanggal, ikan gelodok, dan juga beberapa jenis udang seperti udang pistol. Selain biota laut, hutan mangrove ini juga menjadi habitat bagi kepiting sawah dan aneka jenis burung.

Saat menyusuri walking track Anda bisa melihat lubang-lubang di sekitaran akar pohon yang merupakan rumah kepiting sawah. Suasana rindang berkat kicauan burung yang ramai namun tetap terdengar merdu juga akan meramaikan suasana. Sehingga kunjungan Anda akan terasa sangat berkesan sekaligus tidak terlupakan.

hutan mangrove

ARBORETUM MANGROVE CILACAP

 

Rekomendasi Spot Foto

Saat Anda mampir ke wisata Hutan Mangrove Cilacap ini maka pastikan untuk mengabadikan kunjungan dengan berfoto. Khususnya di spot yang memang menjadi spot paling banyak direkomendasikan untuk berfoto. Selain berfoto di dalam area hutan untuk memperlihatkan pemandangan suburnya mangrove disini, sehingga tampak asri dan indah.

Anda juga bisa keluar dari area hutan untuk berfoto di area rumah apung, jembatan layang, jembatan gantar sewu, dermaga cinta, saung-saung di dekat Segara Anakan, dan tentunya di area khusus bernama selfie deck. Ditambah pula beberapa area lain yang cukup unik, dan meski akan menjumpai area-area yang tampak tidak terawat namun dengan sedikit akal dalam menentukan angle maka dijamin hasilnya memuaskan.
Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang disediakan di dalam Hutan Mangrove Cilacap diperkirakan akan terus berkembang sehingga semakin lengkap. Namun untuk saat ini fasilitas yang tersedia adalah yang cukup vital seperti mushola, toilet, dan area parkir. Khusus untuk area parkir disini terbilang luas sehingga bisa menampung kendaraan pengunjung baik dalam bentuk mobil maupun sepeda motor.

hutan mangrove

HUTAN MONGROVE CILACAP

 

Bagaimana dengan biaya parkirnya? Biaya parkir disini masih gratis dan pengunjung hanya dibebankan biaya tiket masuk. Yakni Rp 11 ribu per orang baik untuk dewasa maupun anak-anak. Harga tiket ini terdiri dari Rp 6.500 untuk biaya retribusi, dan Rp 5.000 merupakan biaya masuk ke berbagai spot menarik di dalam kawasan wisata hutan mangrove satu ini.

Biaya tiket masuknya memang tergolong murah sehingga termasuk destinasi wisata yang ramah kantong di kota Cilacap. Selain itu, untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak dikenakan kewajiban membeli tiket. Sehingga tidak perlu ragu mengajak anak di bawah lima tahun saat liburan di tanggal tua, karena tiket masuknya masih gratis.

Lokasi Hutan Mangrove

Jika membahas mengenai aspek lokasi, perlu diakui jika lokasi Hutan Mangrove Cilacap terbilang strategis. Sebab jaraknya dengan terminal Cilacap tidak sampai 5 kilometer sehingga dipastikan mudah dijangkau. Adapun alamat lengkapnya ada di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Cilacap Utara, Cilacap, Jawa Tengah.

hutan mangrove

NAIK KAPAL MOTOR

Meskipun strategis, untuk menjangkau lokasi wisata hutan mangrove ini memang kurang nyaman mengandalkan transportasi umum. Apalagi perlu masuk lebih dalam dari pemukiman warga, sehingga kurang nyaman dijangkau dengan berjalan kaki. Sebab hingga saat ini belum ada angkutan kota atau bus dalam kota yang melewati area hutan mangrove. Namun tidak perlu gusar, sebab bisa datang dengan menyewa kendaraan baik mobil maupun sepeda motor.

Opsional lainnya adalah dengan menggunakan jasa ojek dan taksi online yang mudah dijumpai di Cilacap. Melihat jaraknya yang tidak begitu jauh dengan terminal maka tarif transportasi online menuju obyek wisata ini dijamin murah meriah. Supaya tidak sampai tersesat manfaatkan layanan Google Map atau aplikasi sejenis.

segoro anakan

NAIK MOTOR DI SEGORO ANAKAN

Selain menikmati suguhan Hutan Mangrove Cilacap Anda juga bisa mampir di tempat wisata lain yang berdekatan. Misalnya saja di Kampung Laut meskipun harus menyeberang naik kapal kecil sewaan di sekitarnya. Rekomendasi lainnya adalah mengunjungi Nusa Kambangan, yang tentu memberi pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan.
Tips saat Berkunjung

Jika kunjungan kali ini merupakan kunjungan pertama, maka perlu tahu dulu bagaimana menikmati kunjungan yang dilakukan tanpa kemungkinan kecewa. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

• Datang sepagi mungkin, tujuannya agar terhindar dari teriknya sinar matahari dan menikmati suasana yang masih lumayan sepi. Namun jika terpaksa datang di tengah hari pun tidak perlu cemas, sebab memasuki area hutan mangrove dijamin terasa sejuk dan rindang.
• Jika berkunjung di weekday maka bisa mempertimbangkan membawa bekal makanan, sebab meskipun ada banyak warung di area hutan mangrove namun di weekday jumlah warung yang buka lebih sedikit.
• Apabila ingin menikmati suasana privat maka bisa menjadwalkan kunjungan di weekday karena dijamin lumayan sepi.
• Jelajahi seluruh area hutan mangrove dengan naik perahu sewaan, sehingga lebih puas menikmati keindahan seluruh kawasan wisata ini.

Melihat pesona yang ditawarkan kawasan wisata hutan mangrove di Cilacap ini dijamin tergiur untuk mampir. Jika berasal dari luar Jawa Tengah atau Cilacap, ada baiknya mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari. Jangan lupa pula untuk menyimak berbagai tips di atas agar kunjungan yang dilakukan di Hutan Mangrove Cilacap lebih menyenangkan.

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply