Rekomendasi Tempat Makan Terdekat Rumah

Rekomendasi Tempat Makan Terdekat Rumah
Rumah Makan Terdekat

PEPES AYAM

Makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Untuk itu agar kebutuhan ini terpenuhi, maka orang akan memasak sesuai dengan menu yang akan dikonsumsi. Agar terpenuhi gizi dan tidak bosan makan itu-itu saja masakan yang dibuat berganti-ganti setiap hari.

Apabila tidak masak karena berbagai alasan, maka orang mencari makan diluar rumah. Makan diluar rumah karena tidak memasak. Makan di luar juga karena bepergian untuk dinas atau pergi berwisata ke luar kota.

Makan di luar rumah karena alasan-alasan yang sebutkan diatas, biasanya akan mencari tempat makan terdekat dengan rumah atau tempat kita menginap, misalnya dari hotel tempat menginap atau kalau kita menginap di tempat saudara atau teman.

Berikut saya sampaikan beberapa restoran yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi, sudah dicoba menunya. Restoran-restoran ini, menunya sudah saya uji kelezatannya.

Restoran Di Jalan Raya Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Nasi Goreng Palem.
Komplek Palem Indah – Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Tempat makan terdekat sekali dengan rumah saya adalah restoran “Nasi Goreng Palem”, karena berada di dalam komplek perumahan. Restoran ini saya rekomendasikan untuk Sobat, karena sudah di test oleh lidah saya dan istri saya.

Menunya semuanya favorit. Ada nasi goreng, mie goreng, mie rebus, bebek goreng, ati-ampela bebek goreng. Restoran ini milik pak Teunku, asli Aceh dan istri asli Sunda. Dua-duanya pintar memasak. Jika yang pesan warga komplek, bisa pesan antar.

Restoran Ayam Gepuk Pak Gembus.
Jl Pd Kelapa Raya No. 7 – Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Menu yang disajikan adalah ayam goreng dengan sambal khasnya. Permintaan kepedesannya sesuai dengan selera. Namun untuk orang-orang yang bermasalah dengan lambung, hati-hati. Kadang kita ingin pedas level sedang. Tetapi setelah kita santap, ternyata pedas sekali di lidah.

Orang-orang bermasalah dengan lambung, bisa karena sakit, misalnya ada sakit. Atau karena usia. Lambung sebagai salah satu organ tubuh sudah tidak mau kompromi lagi dengan sambal.

Rumah Makan Sate Maranggi.
Jl. Pondok Kelapa Raya No. 7a – Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Pemilik restoran berasal dari Puwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi merupakan makanan khas dari orang Sunda. Maklum restoran ini Cabang dari wilayah pasundan.

Tersedia sata maranggi dari daging sapi dan daging ayam. Namun ada yang berbeda dengan sate maranggi yang dijual di restoran di daerah Puncak Bogor. Sate maranggi dari Purwakarta ini sambalnya, sambal kecap. Sedangkan yang di Puncak, sambalnya dari oncom.

Rumah Makan Ibu Haji Cijantung.
Jl. Pondok Kelapa Raya No.3A – Jakarta Timur.

Menu yang sudah saya coba dan mampu menggoyang lidah saya, adalah : pepes ikan mas, ikan mas goreng, burung puyuh goreng, burung puyuh bakar. Pelayanan bisa pesan antar, tetapi secara offline. Dengan demikian apabila rumah yang pesan tidak jauh dari restoran akan dilayani. Untuk itu harus dicatat nomor teleponnya.

Menu lengkapnya : ayam goreng, gepuk, ati/ampela goreng, tahu/tempe goreng, baby fish, burung malon, pepes ikan mas, pepes ayam, bahwan udang, pepes tahu/jamur/teri, bakwan jagung, ikan asin peda/jambal, sambalan + lalapan, pencok leunca/kacang Panjang, sayur asam, pete goreng, ikan mas goreng, ikan lele goreng, sop iga, sop buntut, cah kangkong, tumis toge, tumis kacang.

Sedangkan salah yang khas di restora ini adalah sambal dadakan. Maksudnya akan dibikin ketika ada yang pesan saat makan di tempat.

Sedang harganya standar, tidak mahal dan tidak murah. Terus restoran ini laris manis.

Gulai Kepala Ikan Kakap.
Jl. Pondok Kelapa Raya Blok F -No. 13 Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Penjual yang satu lebih tepat disebut sebagai warung kaki lima, karena berjualan dengan gerobak, tetapi makanan yang dijual tidak kalah dengan yang ada di restoran. Menu seperti gulai kepala ikan kakap, dan semur jengkolnya mantap, lezat rasanya.

Restoran Di Jalan Pajajaran Indah – Bogor.

Apabila  pergi ke Bogor Jawa Barat dan menginap di salah satu hotel di kota hujan ini, katakanlah menginap di hotel Rengganis yang terletak di Jalan Raya Pajajaran Indah, Sobat tidak usah khawatir kelaparan…hehehe..

Hote Rengganis, menyediakan sarapan berupa roti bakar. Tentu Sobat sudah sering makan olahan makanan yang satu ini.

Menginap di kota wisata biasanya saat akhir pekan, libur nasional atau pada waktu liburan sekolah. Pada hari Sabtu dan Minggu, dari pagi sampai dengan malam hari, ada beberapa warung kaki lima yang berjualan di Jalan Pajajaran Indah ini.

Ada yang jual bubur ayam, bebek dan ayam goreng. Sate dan soto ayam. Perlu saya sampaikan bahwa, istri saya orang Sunda, asal Cianjur, kota yang terkenal beras pulennya. Karena beras pulen, di Cianjur banyak orang jual bubur ayam.

Warung bubur ayam yang jualan di Jalan Pajajaran Indah ini sudah di tes oleh istri…kayak profesinya tester aja…hehehe.. Istri saya penasaran untuk mencobanya. Istri saya cocok dan puas dengan kelezatannya. Setiap Sabtu dan Minggu tenda bubur ayam ini dipenuhi pengujung.

Bubur Ayam Cianjur Doa Sepuh.
Jl. Pajajaran Raya – Bogor.

Masih soal bubur ayam. Tidak jauh dari Jalan Pajajaran II, yaitu di Jalan Pajajaran utama, ada restoran yang menjual bubur ayam, dengan label “Bubur Ayam Cianjur Doa Sepuh.”

Kali ini saya menemukan restoran mencantumkan doa yang umum, tidak memihak…hehehe….yang sering kita temui restoran dengan label “Doa Ibu”….Mentang-mentang ada petunjuk bahwa, surga ada di telapak kaki ibu, maka dibuatlah label seperti itu.

Kalau doa sepuh, merupakan doa dari orang tua, baik yang berkelamin laki-laki maupun perempuan. Bisa dari kakek atau nenek. Walau surga ada di telapak kaki ibu, tetapi bapak atau kakek punya peranan penting di dalam rumah tangga.

Harga bubur ayam per mangkok = Rp. 10.000,-

Sate ati ampela = Rp. 2.000,-.

Mie Bakso Bening.
Jl. Pajajaran II – Bogor.

Kembali ke Jalan Pajajaran II Bogor. Disini ada sebuah apotik, dan satu-satunya di jalan ini. Di sebeah kiri Gedung apotik ada yang jualan bakso, dengan label Mie Bakso Bening. Mengapa pakai kata bening? Menurut Mang Kober, security  si penjual mie bakso ini, menu yang dijual tidak memakai saos.

Mienya seperti mie pada umumnya, sedangkan baksonya jenis bakso urat. Waktu jualan, dari siang sampe sore. Bila hari Sabtu dan Minggu buka siang hingga malam. Dan rasa mie baksonya sudah teruji, gurih dan lezat.

Roti Unyil.
Jl. Raya Pajajaran II – Bogor.

Seperti yang saya sampaikan di awal, jika kita menginap di sebuah hotel di Jalan Pajajaran II Bogor, mudah mencari makan di luar hotel, dengan catatan waktu menginapnya saat akhir pekan, kalender merah. Bila tidak mau makan roti bakar, bisa menccipi roti unyil, kue yang terkenal, yang menurut saya dalam 5 tahun terakhi ini.

Sebuah mini bus dimodifikasi dipakai jualan roti unyil dengan berbagai isi, ada isi coklat, keju, nanas dan lain. Tempat jualan di depan hotel Rengganis agak ke sebelah kiri.

Siomay.
Jl. Raya Pajajaran – Bogor.

Apabila kita naik mobil dari Jakarta via tol. Saat keluar toll ambil lurus, kemudian sebelum traffic light Barangsiang, belok kiri. Nanti akan melewati toko swalayan Giant, Hotel Amaris, dan restoran Shabu Hachi. Di depan restoran ini ada yang jual siomay di pingggir jalan.

Siomay ini dijual dengan gerobak dorong. Gerobaknya bersih. Dan penjualnya seorang anak muda, dengan pakaian yang bagus dan rapi. Berawal dari penampilan ini saya tertarik untuk mencobanya. Harga per porsi Rp. 13.000,-. Isinya siomay, kentang, kool, pare. Dan rasanya tidak mengecewakan.

Demikian sebagian info dari tempat makan terdekat dengan rumah dan hotel, yang merupakan pengalaman pribadi saya yang mungkin bermanfaat.

Selamat mencoba.

 

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply