Makna Dari Kata Mutiara

Makna Dari Kata Mutiara
Kata-kata Mutiara

Kata-kata mutiara, adalah sebuah istilah yang terdiri dari dua penggabungan kata, yakni kata dan mutiara. Dalam Wikipedia, Kata atau ayat  adalah suatu unit dari suatu bahasa yang mengandung arti dan terdiri dari satu atau lebih morfem. Umumnya kata terdiri dari satu akar kata tanpa atau dengan beberapa afiks. Gabungan kata-kata dapat membentuk frasaklausa, atau kalimat.

 

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkangnya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.

 

Bila digabungkan, Kata-kata Mutiara berarti sekumpulan kata yang memiliki arti dan  makna yang tersembunyi namun indah di hati dan menyejukkan suasana batin. Namanya juga mutiara maka filosofinya adalah suatu benda yang harganya sangat bernilai tinggi. Sehingga, jika dihubungkan dengan kalimat atau sekumpulan kata mutiara, maka kata-kata tersebut adalah kata yang memiliki penjiwaan yang sangat mendalam dimana jika seseorang mendengar dan membaca kata tersebut maka hatinya akan tergugah dan termotivasi untuk melakukan hal yang sifatnya positif untuk perubahan terhadap dirinya maupun untuk orang lain.

 

Dalam prakteknya di dunia penulisan, kata mutiara ditulis menjadi kata-kata mutiara. Sebetulnya sebuah kalimat, karena gabungan dari kata-kata. Dan kata-kata mutiara ada banyak, diantaranya, kata-kata mutiara islam, kata-kata mutiara cinta, kata-kata semangat hidup, kata-kata mutiara tentang wanita, kata-kata mutiara untuk untuk sahabat, kata-kata mutiara, kata-kata mutiara semangat hidup, kata-kata mutiara untuk wanita.

 

 

Di bawah ini kami merangkum berbagai kumpulan Kata-kata Mutiara yang diambil dari berbagai tokoh yang paling inspiratif dan mendunia. Dimana kata-kata mutiaranya ini dapat dijadikan pedoman di dalam kehidupan kita, di antaranya:

 

  1. Mahatma Gandhi

“Ketika kamu berhadapan dengan musuhmu, taklukkan mereka dengan cinta”.

“Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis dan hanya kamu sendiri yang tersenyum”.

“Kalau kamu ditampar, dengan senang hati hadapkan pipi yang satunya”.

“Doa tidak meminta tapi adalah kerinduan hati”.

“Orang yang berhasil mengendalikan diri tak akan terkendali oleh orang lain. Ia tidak bisa dibeli, tidak bisa digoda dan tidak bisa dirayu. Ia mempunyai kepercayaan diri yang luar biasa. Jadilah orang itu”.

“Bila kamu punya kebenaran, maka kebenaran itu harus ditambah dengan cinta, atau pesan dan pembawanya akan ditolak”.

“Barangkali kita tidak mampu melaksanakan prinsip tanpa kekerasan sepenuhnya dalam pikiran, ucapan maupun tindakan. Namun prinsip ini mesti menjadi tujuan kita, dan kita senantiasa berupaya untuk mencapainya”.

“Tidak ada kesia-siaan yang menguras tubuh kecuali kekhawatiran dan orang yang punya keyakinan pada Tuhan seharusnya merasa malu kalau masih mengkhawatirkan sesuatu”.

 

  1. Soekarno

“Pegang cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi-tingginya. Jika kamu jatuh, kamu akan jatuh di antara isi dari langit seperti bintang- bintang, komet dan beberapa dari isi jagad raya itu”.

“Pengorbananku lebih mudah karena mengusir penjajah, tetapi perjuanganmu sungguh amatlah lebih sukar karena melawan bangsamu sendiri”.

“Janganlah kamu menerawang ke masa depan dengan mata yang tidak terlihat. Masa yang kemarin sangatlah bermanfaat sebagai cerminan dari pada masa kamu yang akan datang”.

“Jika kamu ingin mutiara yang asli, maka terjun dan menyelamlah di lautan yang dalam”.

“Merdeka hanyalah sebuah jalan. Walaupun jembatan, di seberang jembatan terlihat emas pecah itu jalan pecah dua, satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!”

Tuhan tidak merubah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya”.

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripda maka bestik tapi budak”

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat”.

 

  1. Nelson Mandela

“Saya dipanggil teroris kemarin, tapi ketika saya keluar dari penjara, banyak orang memeluk saya, termasuk musuh saya dan itulah yang biasa saya beritahukan pada orang lain yang mengatakan mereka berjuang untuk kebebasan di negara mereka adalah teroris. Saya memberitahu mereka bahwa saya juga kemarin adalah teroris, namun saat ini saya mengagumi orang orang yang mengatakan saya merupakan salah satu”.

“Tidak ada yang lahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya atau latar belakangnya atau agamanya. Orang harus belajar dan jika mereka dapat belajar untuk membenci, mereka dapat diajarkan untuk mencintai, karena cinta datang lebih alami ke jantung manusia daripada kebalikannya”.

“Jika anda ingin berdamai dengan musuh anda, anda harus bisa bekerja sama dengan musuh anda. Kemudian dia akan menjadi mitra anda”.

“Kematian adalah salah satu yang tak terelakkan. Ketika seorang manusia yang telah melakukan apa yang ia anggap sebagai tuganya untuk rakyat dan negerinya, dia bisa beristirahat dengan damai. Saya percaya saya telah mewujudkan upaya itu, oleh karena itu, kenapa saya akan tidur untuk selamanya”.

“Saya menyadari bahwa keberanian bukanlah hilangnya rasa takut, namun penaklukan terhadap ketakutan. Orang yang berani bukanlah orang yang tidak merasakan ketakutan, tetapi orang yang mampu menaklukan ketakutan”

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat anda gunakan untuk mengubah dunia”.

“ Untuk menjadi bebas tidak hanya untuk membuang rantai sesorang, tetapi untuk hidup denga cara menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain”.

“Orang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tapi dia yang bisa menaklukkan rasa takut itu”.

 

  1. John F. Kennedy

“Bukan bertanya apa yang negara berikan untuk anda, tapi tanyakan apa yang anda berikan untuk negara anda”.

“Semakin besar kita meningkatkan pengetahuan, semakin besar pula kita mengingkankan ketidaktahuan kiata”

“Jangan berdoa untuk hidup yang mudah. Berdoalah untuk menjadi orang yang kuat dan tangguh”.

“Sopan santun bukanlah tanda kelemahan dan ketulusan selalu perlu dibuktikan”

“Sebuah bangsa yang takut untuk membiarkan rakyatnya menilai pada kebenaran dan kepalsuan secara terbuka, adalah bangsa yang takut dengan rakyatnya sendiri”

“Jika anda bicara kepada seseorang menggunakan bahasa yang ia pahami, maka pembicaraan itu hanya akan masuk ke kepalanya. Namun, kalau anda bicara menggunakan bahasanya, maka pembicaraan itu akan masuk ke dalam hatinya”.

“Ketika saya berjalan menuju gerbang kebebasan, saya menyadari bahwa jika saya tidak membuang perasaan pahit dan kebencian, maka saya akan selamanya ada di penjara”.

“Jangan nilai saya dari kesuksesan saya, tetapi lihatlah berapa kali saya jatuh lalu bangkit lagi”.

 

Demikian makna Kata-kata Mutiara dan contoh-contohnya dari beberapa tokoh terkenal dunia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

 

 

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply