Makanan Khas Suku-suku Nusantara

Makanan Khas Suku-suku Nusantara
gudeg

GUDEG BU KASNO

Tak hanya kaya akan budaya, tanah air Indonesia juga memiliki makanan khas yang sangat beragam dari masing-masing suku di berbagai daerah. Mengenal semua kuliner khas ini tentu akan memberi rasa bangga sekaligus memunculkan keinginan untuk mencicipinya. Sebagian kuliner khas sudah dikenal luas dan penjajanya pun tidak hanya bisa ditemui di daerah asalnya, sehingga lebih mudah dicicipi.

Makanan Asli Indonesia dari Berbagai Daerah

Indonesia sepertinya tak hanya mempesona dari segi wisata baharinya yang indah, akan tetapi juga dari kelezatan kuliner khas di berbagai daerah. Jika ingin menikmati wisata kuliner saat berlibur ke suatu daerah di tanah air, maka bisa mengecek sajian khasnya apa saja. Berikut informasinya untuk Anda:

1. Mie Aceh dari Aceh
Aceh merupakan daerah istimewa di Indonesia dan memiliki beberapa kuliner khas yang dikenal sedap. Salah satunya adalah Mie Aceh yang merupakan olahan mie kuning yang tebal berpadu dengan irisan daging. Kelezatannya semakin unik dengan kuah kari yang berwarna merah menyala dan punya cita rasa pedas, sekali mencoba dijamin terasa kurang.

2. Kue Bika Ambon dari Sumatra Utara
Mie Aceh memang sudah mendunia, namun jika ke Pulau Sumatra tak afdhol rasanya jika belum ke Sumatra Utara. Selain untuk menikmati keindahan wisatanya juga bisa sekalian mencicipi kuliner khas. Salah satunya adalah bika Ambon yang termasuk jenis kue tradisional dan sangat terkenal karena enak dan disukai wisatawan dunia.

Bika Ambon memiliki bentuk seperti kue tradisional lainnya yang simpel, warnanya kuning keemasan dan punya pori-pori di seluruh bagian kuenya. Saat ini bika Ambon sudah dikreasikan menjadi lebih modern dan dijajakan banyak orang dari berbagai daerah. Tidak sulit menemukan bika Ambon dengan rasa durian, cokelat, maupun yang original.

3. Gulai Ikan Patin dari Jambi
Jika pergi ke Jambi pastikan mencicipi salah satu makanan khas yang dikenal sedap, yakni gulai ikan patin. Sesuai namanya menu khas ini diolah dengan bahan utama ikan patin yang dipotong-potong. Dimasak dengan kuah asam manis dengan bumbu dasar kuning, bumbu yang kaya rempah mampu menghilangkan amis khas ikan patin. Sekaligus menjadikan cita rasanya memanjakan lidah, maka wajib untuk dicoba.

4. Rendang Daging dari Sumatra Barat
Semua orang dijamin kenal rendang dan sudah mencicipinya, karena bisa ditemukan di rumah makan Padang. Rumah makan menu khas Padang ini bahkan sudah berada di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Sumatra dan Jawa. Rendang sendiri bahkan masuk kuliner terlezat di dunia berkat penggunaan rempahnya yang banyak dan dimasak lama sampai meresap sempurna.

5. Gulai Belacan dari Riau
Masyarakat Riau juga sukses menawarkan kuliner ternikmat bernama gulai belacan yang menggunakan bumbu belacan dan aneka jenis rempah. Umumnya kuliner satu ini terlihat berbumbu merah terang dengan cita rasa yang sangat khas. Beberapa mengolahnya dengan potongan daging ikan, dan beberapa lagi yang lainnya memakai udang. Cocok pula diolah dengan ikan dan udang untuk menambah sensasi kelezatannya.

6. Pendap dari Bengkulu
Beralih ke Bengkulu maka Anda akan dimanjakan oleh cita rasa terbaik dari kuliner bernama pendap. Sajian ini menggunakan bahan utama ikan yang diolah dengan beragam rempah dalam jumlah banyak. Dimasak dengan cara dikukus dan warnanya cenderung kekuningan, dijamin menyukainya. Jika ke Bengkulu maka bisa dengan muda menemukan penjaja makanan khas satu ini.

7. Sate Bandeng dari Banten
Sate menjadi kuliner khas nusantara yang sama dengan soto karena jenisnya banyak, dan masing-masing daerah memakai bumbu khas. Jika bosan dengan sate ayam maka sebagai alternatif bisa mencicipi sate bandeng khas Banten. Sesuai namanya sate ini terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan santan dan gula coklat. Cita rasa rempahnya sangat kuah dan sangat gurih berkat penggunaan santan, jika ke Banten wajib mencobanya.

8. Kerak Telor dari Jakarta
Jakarta juga punya kuliner khas yang mudah ditemui dan harganya ramah bagi semua kalangan, yakni kerak telor. Penjual kerak telor cukup banyak dan umumnya menggelar lapak di tepi jalan. Sajian ini sangat cocok dijadikan camilan maupun lauk nasi hangat, terbuat dari telur bebek yang dimasak bersama beras ketan putih. Ditaburi ebi dan sekilas mirip dengan crape namun lebih lebar, tebal, dan gurih.

9. Lumpia dari Semarang
Semarang sepertinya tak hanya menawarkan bandeng presto untuk disantap saat berkunjung. Namun ada pula lumpia, yakni sajian yang terbuat dari kulit pangsit dan diberi isian. Umumnya menggunakan tumisan rebung dengan campuran daging maupun sayuran lain. Saat membeli lumpia Anda memiliki dua pilihan, yakni lumpia basah dan lumpia kering yang sudah digoreng dan lebih gurih.

10. Gudeg dari Yogyakarta
Belum lengkap rasanya jika datang ke Yogyakarta namun belum menyantap sajian gudeg yang mendunia dan melegenda. Bahkan makanan khas satu ini menjadi ikon Yogyakarta, dan sering disapa sebagai kota gudeg. Sajian ini dijamin memanjakan lidah dan diolah dari nangka muda yang dimasak lama dengan rempah dan gula merah. Biasanya disajikan bersama nasi hangat, sambla krecek, dan telur bacem.

gudeg jogya

GUDEG JOGYA

11. Rujak Cingur dari Jawa Timur
Jawa Timur cocok dikunjungi untuk menikmati tempat wisatanya yang banyak dan cocok untuk seluruh anggota keluarga. Jika liburan kesini sempatkan waktu untuk menikmati rujak cingur yang sangat terkenal bahkan sampai ke negara lain. Rujak ini menggunakan bahan utama dari cingur atau hidung sapi. Diolah dengan bumbu yang khas dan pedas, dijamin terasa segar dan tidak perlu disantap dengan nasi sehingga tergolong makanan selingan.

12. Ayam Betutu dari Bali
Jika ke Bali jangan hanya menikmati pantai-pantainya yang indah dan dirubung turis mancanegara. Melainkan sempatkan pula untuk wisata kuliner dan wajib mencicipi kelezatan ayam betutu yang mendunia. Olahan khas satu ini sangat terkenal dan mudah ditemukan di Bali, dijamin menikmatinya. Sebab ayam dipanggang bersama aneka rempah yang gurih dan dibalut daun pisang sehingga semakin sedap.

13. Gohu dari Maluku Utara
Menyukai kuliner daging mentah seperti susi? Indonesia juga punya makanan khas yang terbuat dari daging mentah namun dijamin super enak. Yakni menu bernama gohu yang berasal dari Maluku Utara. Menu khas satu ini menggunakan ikan tuna yang dipotong kotak-kotak kemudian dibalut bumbu pedas dan perasan jeruk yang asam. Sehingga sekalipun mentah dijamin steril dan aman disantap, ditambah rasanya juga super sedap dan segar.

Tak ada habisnya membicarakan wisata kuliner untuk masakan khas dari nusantara karena jenisnya beragam. Setiap suku menawarkan menu khas yang tentunya super sedap dengan ciri khas penggunaan aneka rempah. Jika ingin lebih mengenal kuliner khas nusantara maka bisa menyimak uraian di atas, jangan lupa pula untuk menyantap langsung cita rasa khas semua makanan khas tersebut.

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply