Kuliner Surabaya Dijamin Ketagihan

Kuliner Surabaya Dijamin Ketagihan
Warung Kupang Lontong

 

 

Surabaya yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur menawarkan beragam destinasi wisata menarik mulai wisata belanja, wisata sejarah, wisata keluarga, hingga wisata kulinernya yang rasanya sayang untuk dilewatkan.  Banyak yang menyebut bahwa kota berjuluk Kota Pahlawan tersebut merupakan surganya kuliner karena tersedia beragam pilihan menu makanan dari yang murah hingga yang mahal, mulai kuliner tradisional hingga yang internasional.

 

Setiap daerah pastinya memiliki kekhasan dari kuliner yang disajikan. Inilah mengapa berkunjung ke suatu kota ataupun daerah rasanya tak akan sempurna sebelum menikmati ragam kuliner khasnya. Bila Solo lebih terkenal dengan nasi liwetnya, Jogja dengan gudg ataupun sambel merconnya, Surabaya pun menawarkan beragam makanan yang dijamin bikin ketagihan para penikmat kuliner. Kuliner khas Surabaya lebih dikenal dengan petisan karena memang kebanyakan disajikan dengan menggunakan bumbu dasar petis yang khas. Namun demikian, sebenarnya Surabaya juga memiliki beberapa kuliner lain yang wajib dicicipi dan pasti bisa meninggalkan kesan tersendiri.

 

Surabaya yang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia memiliki beberapa kuliner legendaris. Saat berkunjung ke Surabaya sebaiknya melupakan niat untuk berdiet karena ketika menemukan beberapa makanan unik dan khasnya dijamin bakal kalap untuk melahapnya. Berikut ini adalah beberapa kuliner Surabaya yang bisa jadi pilihan menarik saat ingin berwisata kuliner di kota yang terus bersolek tersebut.

 

Rujak Cingur

Ketika membicarakan kuliner khas legendaris dari Kota Pahlawan, rujak cingur sepertinya menjadi salah satu kuliner yang paling ikonik. Kuliner yang satu ini memang terbilang sangat unk. Meski memiliki tampilan yang mungkin mirip dengan gado-gado, pecel, ataupun ketoprak, nyatanya kuliner ini memang memiliki kekhasan. Sajian makanan khas dari Surabaya ini terdiri dari beragam sayur, buah, tahu dan tempe goreng, serta lontong yang dicampur dengan bumbu kacangnya yang dibuat menggunakan petis. Berbeda dengan rujak lainnya, rujak cingur khas Surabaya menggunakan cingur. Ini merupakan hidung kerbau ataupun sapi yang memiliki tekstur kenyal dan lembut.

 

Menemukan kuliner yang satu ini terbilang cukup mudah dilakukan. Di berbagai sudut jalan di pedagang kaki lima, rumah makan, bahkan restoran tersedia makanan tersebut. Harga yang ditawarkan pun beragam. Biasanya yang membedakan rujak cingur yang satu dengan lainnya adalah kualitas dari petis yang digunakan. Selain itu, kualitas cingurnya pun mampu mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan dari makanan berbumbu petis tersebut. Ini menjadi salah satu menu wajib untuk dinikmati saat mampir ke Surabaya.

 

Kupang Lontong

Kupang Lontong

Selain rujak cingur, Surabaya juga menawarkan pilihan menu kuliner khas lainnya yang tak kalah unik dan nikmat. Salah satunya adalah kupang lontong yang mungkin tak akan dijumpai di daerah lainnya. Kupang merupakan sejenis kerang dengan ukuran yang cukup kecil. Kuliner yang satu ini menggunakan bumbu seperti bawang putih, petis, serta air jeruk nipis dengan cara penyajian bersama irisan lontong. Perpaduan rasa manis dan asam berbaur nikmat dengan kuahnya yang gurih dan sedap. Kupang lontong semakin nikmat ketika dimakan bersama sate kerang dan lentho. Biasanya beda penjual akan menghasilkan cita rasa kupang lontong yang berbeda pula tergantung bagaimana racikan kupang dan bumbunya.

 

Lontong Balap

Kuliner yang satu ini terbilang sebagai salah satu kuliner khas yang sangat populer di kawasan Surabaya. Sajian makanan ini terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, serta kecambah yang disiram dengan kuah gurih. Ini merupakan sajian kuliner petisan lain yang bisa dinikmati saat mampir ke Surabaya. Bumbunya terdiri dari cabe, petis, kecap, serta bawang putih. Paling mantap menikmati sajian lontong balap bersama lentho yang berbentuk seperti perkedel dari kacang tolo serta taburan bawang goreng. Semakin lengkap ketika disajikan bersama sate kerang dan es kelapa muda.

 

Belum ada penjelasan pasti tentang mengapa kuliner yang satu ini disebut sebagai lontong balap. Ada yang menganggap istilah balap yang disematkan pada kuliner ini karena dulunya para penjual berjalan cepat-cepat untuk bisa mendapatkan banyak pembeli di pasar. Kesan adu cepat inilah yang akhirnya memunculkan istilah balap pada kuliner ini.

 

Soto Madura

Ketika bicara soto, sepertinya hampir di seluruh penjuru daerah bisa dengan mudah dijumpai. Namun demikian, ada beberapa jenis soto yang cukup melegenda seperti Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Makassar, Soto Padang, serta Soto Madura. Saat membicarakan kuliner khas dari Surabaya, Soto Madura sepertinya layak untuk turut menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba. Sesuai namanya soto oni berasal dari kawasan Madura, Jawa Timur yang memang cukup dekat dengan Surabaya. Soto Madura lebih identik dengan soto daging sapi. Sajian kuliner yang satu ini terdiri dari daging sapi, telur rebus, taoge, serta kentang goreng yang disajikan dengan kuah soto yang gurih, nikmat, serta kaya rempah.

 

Sayur Semanggi

Makanan yang khas satu ini sepertinya tak boleh dilewatkan ketika singgah ke Surabaya. Semanggi merupakan sejenis tanaman paku yang mengantung sejumlah zat penting untuk mencegah pengeroposan tulang serta menopause. Selain kaya manfaat, sayur semanggi juga memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Kuliner ini terdiri dari daun semanggi dan kecambah yang direbus dan disajikan dengan siraman bumbu yang terbuat dari ubi rambat, kacang tanah goreng, gula merah, serta petis. Biasanya sajian kuliner ini dinikmati dengan kerupuk puli sebagai lauknya.

 

Pepes Jangkang

Sebagian orang mungkin masih cukup asing dengan makanan yang satu ini. Hal ini memang cukup masuk akal karena jangkang sendiri hanya bisa dijumpai di beberapa kota saja. Jangkang merupakan sejenis hewan air yang muncul di musim-musim tertentu. Ketika sudah musimnya, jangkang bisa dengan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional seputaran Surabaya, bahkan tak jarang turut masuk ke beberapa swalayan. Jangkang memiliki bentuk seperti kepiting kecil yang masih muda dengan warna hitam. Jangkang bukanlah binatang laut melainkan sungai.

 

Untuk menikmati jangkang biasanya diolah menjadi pepes ataupun dibuat dadar. Bila Anda tertarik menikmati kuliner unik tersebut, Anda bisa membeli pepes jangkang di beberapa warung makan yang ada di Surabaya. Pepes jangkang tersebut biasanya dimasak dengan menggunakan bumbu seperti bawang putih, kemiri, serta cabe merah. Selain di warung makan pinggir jalan, Anda juga bisa menemukan pepes jangkang tersebut di foodcourt sejumlah mall Surabaya.

Tahu Telur

Kuliner yang satu ini sangat banyak dan mudah dijumpai ketika Anda berada di Surabaya. Ini merupakan salah satu jajanan khas dari kota Pahlawan yang juga cukup mengenyangkan. Aromanya yang khas pastinya menarik untuk bisa segera menyantapnya. Makanan ini terdiri dari telur dadar, tahu goreng, lontong, kentang, serta kecambah yang disaring dengan saus kacang berbumbu petis. Akan terasa lebih nikmat saat dimakan bersama kerupuk udang sebagai lauknya.

 

Beberapa kuliner khas Surabaya di atas bisa dengan mudah dijumpai di kawasan ibukota provinsi Jawa Timur. Bagi para pecinta kuliner legendaris dengan cita rasa yang unik dan lezat sebaiknya tak melewatkan untuk mencoba wisata #KulinerSurabaya seperti yang direkomendasikan di atas.

 

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply