Desa Semilir Bawen Semriwing

Desa Semilir Bawen Semriwing
Desa Semilir

TEMPAT WISATA DESA SEMILIR BAWEN

Dusun Semilir yang terletak di Ngempon, Bawen, Semarang, Jawa Tengah ini memang tengah viral. Pasalnya disini terdapat tempat wisata seru dan kekinian, yakni Desa Semilir Bawen yang tentunya menjadi destinasi menarik untuk liburan di Semarang. Semilir Eco Park adalah nama lain dari obyek wisata viral satu ini yang kabarnya menawarkan sensasi unik dan tidak terlupakan.

Alamat dan Rute Perjalanan

Bagi Anda yang memiliki rancana untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini, ada baiknya mengetahui dulu alamat dan rute perjalanan menuju ke lokasi. Adapun untuk alamat tempat wisata Semilir Eco Park ini ada di Jl. Soekarno Hatta No. 49 Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Sedangkan untuk rute menuju ke lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan maupun memanfaatkan layanan transportasi umum. Pasalnya lokasi Semilir Eco Park ini tidak jauh dari jalan raya utama. Sehingga membuatnya mudah dijangkau dan mudah untuk ditemukan, sekalipun baru pertama kali datang ke Bawen.

desa semilir

LOBBY DESA SEMILIR

 

Lebih tepatnya tempat wisata ini ada di samping jalan utama jalur Semarang-Surakarta atau Semarang-Yogyakarta. Sehingga untuk sampai ke lokasi Desa Semilir Bawen Anda tidak perlu blusukan sampai ke perkampungan kecil dan terpencil. Dilihat dari segi jarak pun tidak terlalu jauh, yakni sekitar 37 kilometer dari kota Semarang.

Sehingga saat ditempuh dengan kendaraan pribadi dari Semarang lama perjalanan hanya sekitar 40 menit saja. Apabila menjangkaunya dari kota Surakarta atau Solo yang berjarak kurang lebih 77 kilometer. Maka lama perjalanan diperkirakan sekitar 1 jam 15 menit saja dan sudah tiba di depan lokasi.

dusun semilir bawen

SALAH SATU SUDUT DI DUSUN SEMILIR

Jika dikunjungi dari kota Yogyakarta maka jaraknya sendiri diperkirakan sekitar 8 kilometer. Lama perjalanan dari Yogyakarta menuju ke Desa Semilir Bawen ini sekitar 2-3 jam, yang memang agak lumayan. Maka untuk Anda yang berasal dari Yogyakarta akan lebih nyaman jika menyewa mobil atau membawa mobil pribadi.

Apabila ditempuh dari Semarang maupun Surakarta maka dianjurkan untuk masuk ke tol, dan keluar dari pintu tol Bawen. Jarak dari pintu tol Bawen ini hanya 1.5 kilometer saja, dan jika ditempuh dari Semarang silahkan belok ke kiri atau ke utara. Tempat wisata ini akan ada di kiri jalan, dan dijamin langsung berhenti karena bangunannya sendiri memang mencolok.

Fasilitas yang Disediakan Desa Semilir Bawen

Dusun Semilir menyajikan tempat wisata yang memadukan antara konsep deni dengan konsep modern. Kombinasi beberapa konsep tersebut menghadirkan banyak jenis wisata di dalam satu tempat. Mulai dari wisata alam, pedesaan, kuliner, dan sekaligus wisata edukasi yang membuatnya ramah untuk anak-anak.

desa semilir indah

H AGUSPURWONO

Berkunjung ke Desa Semilir Bawen dijamin tidak akan menyesal, sebab disini selain punya desain megah dan indah sekaligus unik. Ternyata juga memiliki fasilitas yang lengkap dan menarik, seperti:

1. Gunungan Resto
Fasilitas pertama adalah Gunungan Resto, sesuai namanya tempat ini merupakan restoran di dalam area Semilir Eco Park. Nama gunungan diambil dari pemandangan lima gunung di dekat restoran. Sehingga selain menyantap aneka menu lezat, pengunjung bisa menikmati pemandangan jejeran gunung tersebut dan dijamin menyukainya.

2. Teras Gunung
Fasilitas kedua adalah Teras Gunung, yakni area yang tersedia jembatan layang dengan banyak warna dan penjaja makanan. Jembatan layang ini menjadi pintu masuk bagi wisatawan untuk menjelajahi keseluruhan tempat wisata di Dusun Semilir. Pengunjung juga menamai area ini dengan istilah colourful bridge.

3. Gunungan Foodpark
Opsional lain untuk melakukan wisata kuliner selama di Semilir Eco Park adalah ke Gunungan Foodpark. Sebab disini terdapat banyak pilihan menu khas dan tradisional yang siap membuat lidah Anda bergoyang. Selain itu disini pengunjung juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang cantik dan asri di sekitarnya.

4. Pet Village
Fasilitas unik dan membuat Desa Semilir Bawen sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak adalah karena adanya Pet Village. Area ini menyediakan berbagai jenis hewan jinak yang lucu dan menggemaskan. Anak-anak bersama dampingan orang tua bisa bermain dan mengenal berbagai jenis hewan unik dan lucu tersebut.

5. Banyubiru
Jika ingin menikmati wahana air, maka bisa langsung ke area Banyubiru yang menawarkan sensasi wisata air terbaik. Wahana satu ini tampil memukau dengan adanya air mancur menari, bantal air, dan gazebo yang bisa dijadikan tempat duduk sembari menikmati wahana air di sekitarnya.

6. Playpark
Semilir Eco Park juga bisa menjadi destinasi wisata edukasi bagi anak-anak untuk mengenal permainan tradisional. Sebab disini tersedia fasilitas Playpark yang berisi aneka jenis permainan tradisional. Sehingga anak-anak yang diajak kesini bisa berkenalan dengan permainan-permainan khas nusantara tersebut.

7. Exotic Village dan Glamping Villas
Kunjungan ke Semilir Eco Park semakin sempurna dengan adanya Exotic Village dan juga Glamping Villas. Exotic Village merupakan area dimana terdapat replika dari tempat wisata populer di seluruh dunia, seperti Maroko dan Venetia. Sedangkan Glamping Villas merupakan kawasan pedesaan yang dibuat unik dan menjadi tempat menginap bagi para pengunjung.

Daya Tarik yang Disuguhkan

Daya tarik yang dimiliki oleh Desa Semilir Bawen bukan hanya semua fasilitas yang disebutkan dan dijelaskan di atas saja. Akan tetapi ada lebih banyak daya tarik yang membuatnya sangat wajib untuk dikunjungi. Dimulai dari adanya 5 buah kubah stupa yang terlihat mencolok dan kesan seninya sangat kuat.

Tidak hanya berupa stupa saja, namun stupa ini sendiri merupakan area dimana terdapat toko souvenir. Anda bisa membeli aneka jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia, camilan tradisional, dan lain sebagainya. Daya tarik lainnya adalah spot foto yang indah dan jumlahnya sangat banyak, karena perlu diakui nyaris semua area disini sangat tepat dijadikan tempat berfoto.

Jam Operasional

Usai membaca semua penjelasan di atas, dijamin Anda tertarik untuk mampir dan melihat langsung semua fasilitas yang disediakan. Pastikan berkunjung di waktu yang tepat yakni sesuai dengan jam operasionalnya. Tempat wisata Semilir Eco Park ini sendiri mulai buka pada jam 10 pagi sampai jam 7 malam khusus di hari kerja antara Senin sampai Jumat.

Sedangkan di hari Sabtu buka pada jam 8 pagi dan tutup jam 9 malam, pada hari Minggu buka jam 8 pagi dan tutup di jam 9 malam. Sehingga perlu diakui bahwa tempat wisata ini memiliki jam operasional yang panjang. Supaya puas berkeliling sebaiknya datang pagi dan memilih pulang sewaktu sore.

Harga Tiket Masuk

Bagaimana dengan harga tiket masuk ke Desa Semilir Bawen? Tidak perlu khawatir karena masih terbilang murah untuk tempat wisata yang berkelas, modern, dan edukatif. Berikut detail harga tiketnya:

● Hari kerja Rp 15.000 per orang.
● Hari Minggu Rp 20.000 per orang.
● Parkir Rp 4.000 untuk motor.
● Parkir mobil Rp 10.000.
● Parkir untuk bus Rp 20.000.

Pastikan mempersiapkan perjalanan dengan baik khususnya bagi Anda yang tinggal di luar kota. Jika butuh penginapan maka bisa menginal di dalam area Desa Semilir Bawen ini, yakni lewat fasilitas Glamping Villas.

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply