Cerita Indah Dari Taman Bunga Nusantara

Cerita Indah Dari Taman Bunga Nusantara
taman bunga nusantara

BURUNG MERAK TAMAN BUNGA NUSANTARA

Perlu liburan dan tidak ingin terlalu jauh dari Ibukota? Maka bisa mampir ke obyek wisata Taman Bunga Nusantara. Sesuai dengan namanya obyek wisata satu ini menyajikan area taman yang luas yang dibagi ke dalam beberapa area. Sangat cocok dikunjungi untuk melepaskan penat setelah seminggu penuh berkutat dengan pekerjaan yang menyita waktu maupun tenaga.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Jika ingin mampir ke taman wisata ini maka tidak perlu cemas karena lokasinya strategis dan ramah untuk warga Ibukota. Sebab lokasinya ada di Jl. Mariwati Km 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Melihat alamat lengkapnya yang berada di Bogor tentunya mudah dijangkau dari Jakarta dengan jarak tempuh yang lumayan dekat.

Selain disebut sebagai Taman Bunga Nusantara, taman wisata yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1995 ini. Juga memiliki banyak nama sebutan dimulai dari Taman Bunga Puncak, Taman Bunga Cipanas, dan ada pula yang menyebutnya Taman Bunga Bogor. Jadi jangan bingung jika menjumpai nama berbeda-beda untuk menyebut taman wisata yang satu ini.

Rute Perjalanan Menuju Taman Bunga Nusantara

Menuju ke lokasi wisata satu ini terbilang mudah, tercatat ada beberapa pilihan rute yang bisa diambil dan disesuaikan dengan kondisi. Apabila memakai kendaraan pribadi maka bisa menggunakan informasi yang disajikan Google Map. Cukup ikuti panduan dan dengan mudah bisa sampai ke lokasi taman ini, apalagi tempatnya memang satu jalur dengan jalan utama.

Namun, bagi siapa saja yang singgah kemari memakai kendaraan umum maka bisa mencoba rute berikut ini:

• Perjalanan dimulai dengan menaiki bus jurusan Bogor-Cianjur, bisa pula memakai bus jurusan Bandung-Jakarta. Nanti turun di pertugaan Hanjawar.
• Dari pertigaan Hanjawar nanti oper angkot jurusan Cipanas-Loji, dan nantinya bisa turun di pasar GSP.
• Setelah sampai di pasar GSP nanti oper lagi ke angkot jurusan Cipanas-Mariwati dan bisa langsung turun di lokasi taman.

Meski dengan memilih naik angkutan umum perlu oper beberapa kali namun dijamin tidak akan bingung. Sebab titik transit atau oper ke angkutan selanjutnya adalah titik strategis yang banyak diketahui sopir angkot. Sehingga tidak perlu takut salah turun, dan jika baru pertama kali naik angkutan umum maka bisa menyebut lokasi tujuan sejak awal ke sopir.

Harga Tiket Masuk

Setelah mengetahui lokasi dan rute perjalanan menuju ke Taman Bunga Nusantara maka selanjutnya adalah mengenai tiket masuk. Taman wisata satu ini dibuka untuk umum sejak 1995 sampai sekarang dan memang tidak pernah sepi pengunjung. Terutama untuk musim liburan anak sekolah, namun untuk harga tiket biasanya tidak ada perubahan. Detailnya adalah:

• Tiket masuk dari pintu gerbang Rp 40 ribu per orang.
• Masuk ke area Dotto Trains Rp 50 ribu per orang.
• Masuk di area Garden Tram Rp 50 ribu per orang.
• Masuk ke area Wira-Wiri Rp 5 ribu per orang.
• Masuk ke Rumah Kaca Rp 5 ribu per orang.
• Masuk ke Area Maze Garden Rp 1 ribu per orang.

Di luar tiket masuk, juga ada biaya parkir dan detailnya adalah sebagai berikut:

• Parkir untuk sepeda motor Rp 10ribu.
• Parkir untuk mobil Rp 15ribu.
• Parkir untuk kendaraan minibus Rp 20ribu.
• Parkir untuk bus wisata Rp25ribu.

Melihat kisaran harga tiket masuk yang disampaikan di atas maka sudah bisa diketahui jika termasuk mudah dijangkau. Tidak perlu budget berlebihan untuk bisa menikmati suguhan taman indah di kawasan Bogor ini. Biaya masuknya yang ramah di kantong juga membuat taman wisata ini snagat cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Informasi Seputar Taman Bunga Nusantara

Lokasi Taman Bunga Nusantara tidak hanya berada di jalur strategis yang membuatnya mudah dijangkau. Akan tetapi juga menawarkan sejuknya udara khas pegunungan karena memang berdekatan dengan Gunung Gede. Sangat tepat berwisata bersama keluarga disini karena udaranya bersih dan sejuk serta bisa menikmati suguhan taman yang luas dan indah.

Memasuki area taman wisata ini maka akan menjumpai beberapa area taman dengan nama dan koleksi tanaman yang khas. Berikut info detailnya:

1. Taman Perancis
Salah satu area taman di tempat wisata ini yang sangat terkenal dan disukai para pengunjung adalah Taman Perancis. Dilihat dari nama tamannya maka sudah bisa ditebak jika disini mengusung gaya penataan taman khas Perancis. Penataan dengan gaya renaissance sangat kental saat masuk ke area Taman Perancis.

Gaya renaissance mengedepankan pemilihan tanaman yang warnanya senada dan disusun serapi mungkin. Sehingga ketika masuk ke area ini akan melihat tanaman yang warnanya nampak seperti membentuk gradasi. Jangan lupa untuk mengabadikan kunjungan di Taman Perancis lewat kamera yang dibawa sebagai kenang-kenangan.

2. Taman Air
Berkunjung ke taman wisata ini ternyata tidak hanya dimanjakan oleh tanaman yang cantik dan beraneka warna. Namun juga mendapati aneka jenis tanaman termasuk tanaman atau tumbuhan air yang diletakan di area Taman Air. Sesuai dengan namanya, disini memang menjadi titik pusat semua tanaman air.

Pengunjung Taman Bunga Nusantara bisa menikmati kecantikan bunga Cybera Papyrus yang dulunya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas oleh masyarakat mesir. Juga ada tanaman air Talia Delbata yang berasal dari tanah Amerika Serikat.

3. Taman Mawar
Salah satu jenis bunga yang disebut sebagai “bunganya bunga” alias bunga mawar juga bisa dinikmati disini. Yakni dengan masuk ke area Taman Mawar yang dihiasi oleh ratusan jenis bunga mawar aneka jenis dan mawar. Pengelola area ini berujar jika perawatan tanaman mawar dilakukan dengan seksama, mulai dari pemupukan sampai penyiraman.

Perlakuan khusus yang diberikan kepada ratusan pohon bunga mawar ini membuahkan hasil. Yakni selalu dihiasi oleh ratusan kuncup bunga warna aneka warna yang tumbuh dari tanaman mawar yang gemuk. Aroma semerbak bunga mawar juga memberikan sensasi relaksasi, sehingga tidak rugi berkunjung kesini.

4. Taman Bali
Rindu dengan suasana di Pulau Dewata Bali, maka bisa mampir ke Taman Bunga Nusantara dan masuk ke area Taman Bali. Sesuai dengan nama areanya, disini disuguhkan arsitektur taman khas Bali.

Sehingga pengunjung bisa melihat banyak bangunan khas Bali disini, dimulai dari gapura pintu masuk sampai Bale Bengong.

5. Taman Labirin
Apabila membutuhkan pemandangan taman yang unik maka jangan sampai terlupa untuk mampir ke area Taman Labirin. Area ini didesain khusus terdiri dari beberapa tanaman tinggi dan membentuk labirin.

Masuk ke area ini cukup menyodorkan biaya sebesar Rp 1.000 saja, dan tidak perlu cemas dengan resiko tersesat atau tidak bisa keluar. Sebab oleh petugas para pengunjung dibekali peta.

Tempat Makan

Adakalanya para wisatawan membawa bekal sendiri untuk makan, baik camilan maupun makan besar, tetapi tidak sedikit yang mencari di tempat. Untuk yang saya sebut terakhir tidak usah khawatir, karena di area dalam taman bunga yang indah ini ada restoran dan kiosk-kiosk.

Letak dari tempat jual makanan (biasanya untuk makan siang) dan camilan, tidak jauh dari pintu masuk. Setelah pengunjung masuk, jika ingin makan terlebih dahulu makan, maka belok kanan. Tersedia banyak menu yang bias menjadi pilihan.

Berwisata bersama keluarga memang sangat cocok mengunjungi tempat yang indah dan diselimuti udara yang sejuk. Mengunjungi obyek wisata berupa taman ini tentu menjadi alternatif yang menarik untuk dipertimbangkan. Jadi berbekal informasi di atas tidak ada salahnya merencanakan kunjungan wisata ke Taman Bunga Nusantara.

Bagikan:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply